Home
Picture
Source
by : meldiana_sumanto

Cara Menghilangkan Kutu pada Anjing

Kutu adalah parasit yang sulit dibasmi, terutama karena mereka adalah makhluk yang cepat berkembang biak. Gejala adanya kutu pada hewan kesayangan terkadang akan sulit diketahui. Periksalah keberadaan kutu dengan cara sederhana, dengan cara dudukkan anjing anda di selembar kertas putih lebar. Kemudian garuklah bulunya selama beberapa menit. Selama anda menggaruk, beberapa feses (kotoran) kutu akan jatuh ke kertas. Setelah itu ambil secarik kertas, buang bulunya yang terjatuh, dan pindahkan hasil dari garukan tadi ke cotton wall yang dibasahi. Tinggalkan selama beberapa menit. Kotoran kutu berasal dari darah kering yang telah disedot dari induk semang mereka. Dan saat kering, penampilannya berwarna coklat gelap sehingga dapat terlihat seperti tanah atau kulit mati. Tapi jika kotoran itu dipindahkan ke cotton wool yang basah, maka akan berubah menjadi warna merah. Bintik warna merah tersebut membuktikan bahwa hewan kesayangan anda sedang menderita karena keberadaan kutu.


Pengobatan kutu pada anjing
Ada 2 tipe insektisida yang digunakan untuk mencegah atau menghancurkan infeksi kutu :
  1. Adultisida (Insektisida untuk kutu dewasa)
    Adultisida dirancang untuk membunuh kutu dewasa pada hewan peliharaan anda. Obat ini bekerja selama 24 jam. Kutu yang baru tertangkap (disebut dengan “kutu hitchhiker”) dapat berkembang biak dengan cepat dan mungkin mendapat kesempatan untuk menaruh telurnya sebelum mereka mati. cara yang paling tepat dalam membasmi kutu secara efektif adalah melakukan kombinasi antara Adultisida dengan Insect Grow Regulator (Pengatur Pertumbuhan Kutu / Serangga). Disebut juga dengan Integrated Flea Control (Pengontrolan Kutu Terintegrasi).
  2. Insect Grow Regulator (untuk menghancurkan telur kutu di dalam rumah)
    Insect Grow Regulator telah dikembangkan untuk mengatasi telur kutu pada tahap perkembangan dalam siklus hidup kutu. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mencegah menetasnya telur kutu. Ada cara yang berbeda dalam menggunakan Integrated Flea Control, tergantung pada tingkat kebutuhan hewan peliharaan anda. Tingkat keberhasilan bisa ditentukan pula oleh produk yang digunakan.

Pada beberapa kasus, infeksi kutu bisa dihilangkan hanya dalam beberapa hari. Tapi, bagaimanapun juga telur kutu bertebaran di seluruh rumah dan menempel pada karpet mampu bertahan lebih dari 9 bulan. Selama kurun waktu 9 bulan tersebut, telur itu berpotensi menetas dan meloncat ke hewan peliharaan ketika mereka sedang berbaring di karpet Jika pengobatan kutu anda benar, anda tidak perlu menyemprot seluruh rumah. Tapi karena semua kutu melompat ke tubuhanjing sebagai bagian lingkaran kehidupan mereka, kutu itu akan mati ketika mereka melakukan kontak dengan hewan peliharaan anda yang telah diobati. Jika proses ini tidak bergegas dengan diikuti pembasmian di karpet. Maka keberadaan mereka bisa dipastikan timbul kembali.


Anda bisa membasmi kutu secepatnya dengan cara menaikan temperatur dan kelembaban udara dalam rumah. Perlakuan tersebut mendorong agar telur menetas dengan cepat setelah lalu menempel pada hewan peliharaan. Pergunakan kesempatan itu cepat-cepat untuk menyemprotkan insektisida.
sumber : http://mypethouse.net/about-dog/kesehatan

Perawatan dan Pemeliharaan Anjing

Jenis-jenis penyakit pada anjing

Hal-hal Boleh dan Tidak Untuk Anjing

Dog Food atau Makanan Alami?

Penanganan Saat Anjing Kita Melahirkan

Memilih Anjing yang Tepat

Melatih Anak Anjing Membuang Air di Tempat yang Benar

Agar Bulu Anjing tidak Rontok

Bau Nafas Tak Sedap Pada Anjing

Kandang Anjing yang Tepat

Sering Mandi Menyebabkan Penyakit Kulit

Bahaya Kegemukan pada Anjing
Artikel-artikel Menarik Mengenai Anjing :
Berbagai jenis anjing ras yang ada :
  • Anjing Affenpinscher
  • Anjing American Bulldog
  • Anjing American Eskimo
  • Anjing American Foxhound
  • Anjing American Pit Bull Terrier
  • Anjing Basenji
  • Anjing Basset Hound
  • Anjing Beagle
  • Anjing Belgian Malinois
  • Anjing Belgian Shepherd
  • Anjing Bichon Frise
  • Anjing Bolognese
  • ....
..Selanjutnya..

You can add your comment with fill this form!

Name :
Comment :
 
<